Pegawai Kemenkeu Maluku Ikuti Arahan Inspektur Bidang Investigasi Itjen Kemenkeu

0
339

(Ambon, 10/10/2018). Seluruh pejabat dan pegawai kantor satker vertikal Kementerian Keuangan termasuk Kanwil DJBC Maluku ikut hadir dalam kegiatan pengarahan yang diberikan Tim Inspektorat Bidang Investigasi Itjen Kemenkeu, pada hari Rabu, 10 Oktober 2018, bertempat di aula Gedung Keuangan Negara Lt.5, Ambon.

Dalam sambutannya, Kakanwil Bea Cukai Maluku, Finari Manan, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat penting diselenggarakan dalam rangka pemberian dukungan dan penguatan integritas pejabat dan pegawai Kementerian Keuangan yang berada di wilayah Maluku serta peningkatan kapasitas pegawai unit kepatuhan internal terkait pemantauan gaya hidup dan teknik investigasi sebagai salah satu strategi tindakan preventif pencegahan praktik korupsi dan membangun budaya anti korupsi terhadap pegawai.


“Seluruh pejabat dan pegawai Kementerian Keuangan harus ikut berperan secara aktif dalam memerangi praktek korupsi. Praktek korupsi akan mencoreng citra bangsa dan Kementerian Keuangan sehingga diharapkan muncul kesadaran dan kepekaan pegawai Kementerian Keuangan dalam mencegah terjadinya korupsi mulai dari level terendah sampai pejabat tertinggi di lingkungannya’, ujar Finari Manan menambahkan.


Pada kesempatan tersebut, Inspektur Bidang Investigasi Itjen Kemenkeu, M. Rahman Ritza, memberikan arahan dan masukan kepada peserta yang hadir terutama kepada para generasi muda Kementerian Keuangan untuk ikut mencegah praktek korupsi dan membudayakan whistleblowing system. Kementerian Keuangan juga memberikan kemudahan bagi orang yang melihat dan mengetahui praktek korupsi untuk melapor ke aplikasi Whistleblowing System dengan cara berkunjung ke alamat www.wise.depkeu.go.id. Membangun integritas anti korupsi dimulai dari penguatan integritas pribadi melalui menguatkan empati, kepedulian, dan kepekaan terhadap orang lain, taat pada peraturan sesuai kode etik pegawai, dan kemampuan mewujudkan akuntabilitas dalam melaksanakan tugas jabatannya.


Diharapkan dengan kegiatan seperti ini dapat mencegah pegawai Kementerian Keuangan terjerat kasus korupsi yang dapat menciderai institusi dan terus melakukan perbaikan dan pembenahan system pengawasan melekat kepada bawahan serta peningkatan integritas pegawai untuk Kementerian Keuangan lebih baik lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here