Tingkatkan Budaya Sadar Bencana, Bea Cukai Maluku Laksanakan Sosialisasi

0
346

Ambon (3/10/2018). Mengingat Maluku merupakan salah satu wilayah dengan kondisi geografi yang rentan terhadap gempa bumi dan bencana hidrometeorologi, Bea Cukai Maluku melakukan inisiasi pelaksanaan sosialisasi tanggap bencana dengan tema “Mitigasi Bencana Untuk Meningkatkan Budaya Sadar Bencana” pada hari Rabu, 3 Oktober 2018, di ruang aula Kanwil DJBC Maluku.

Kegiatan ini diikuti oleh pejabat dan pegawai satker vertikal Kementerian Keuangan yang berada di wilayah Maluku dengan narasumber berasal dari Stasiun Geofisika Kelas I BMKG Ambon dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku.

Dalam sambutannya, Kakanwil Bea Cukai Maluku, Finari Manan, menyampaikan pentingnya pengetahuan terkait mitigasi bencana terutama kepada pegawai Kementerian Keuangan agar sadar dan cepat tanggap ketika dan pasca bencana terjadi. Sosialisasi merupakan salah satu upaya mengurangi resiko bencana melalui penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. Mitigasi bencana merupakan tahap awal penanggulangan bencana alam untuk mengurangi dan memperkecil dampak bencana.

Dalam sosialisasi tersebut, peserta diberikan pemahaman tentang gempabumi dan tsunami, sejarah gempa bumi merusak dan tsunami di Maluku, Tektonik dan Seismitas di Maluku, Sistem Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) serta tindakan yang harus dilakukan saat terjadi bencana gempa bumi dan tsunami.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan agar seluruh pegawai Kementerian Keuangan lebih memahami karakteristik bencana gempabumi dan tsunami serta dapat meningkatkan kesiapsiagaan di lingkungan masing-masing. Dan juga diminta untuk tidak terpancing isu-isu yang menyesatkan, namun mendengar informasi dari sumber yang terpercaya seperti BMKG dan BPBD.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here